Translate

Minggu, 05 Januari 2014

Laporan Pertumbuhan dan Perkembangan Tomat 3 Bulan


LAPORAN PRAKTIKUM MORFOLOGI TUMBUHAN
PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN
TANAMAN TOMAT HIJAU
DISUSUN OLEH

NAMA                                    : AGNESIA PATRIA
NPM                                       : 126511737
KELAS                                   : 3 B
DOSEN PEMBIMBING      : Ibnu Hajar, S. Pd., M. P
HARI/TGL PERCOBAAN   : MINGGU/SEPTEMBER 2013

PROGRAM STUDI BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN MATEMATIKA DAN PENGETAHUAN ALAM (PMIPA)
2013-2014


PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN
TANAMAN TOMAT HIJAU

       I.                                                Tujuan
·        Mengetahui cara menanam tomat hiaju
·       Mengetahui proses pekecambahan tomat hijau
·       Mengetahui pertumbuhan normal dari tanaman tomat hijau
·  Mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi perkecambahan dan pertumbuhan tanaman tomat hijau
    II.                                                Rumusan masalah
1.      Bagaimana cara menanam tanaman tomat hijau dengan baik dan benar?
2.      Apa yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkecambahan tanaman tomat hijau?
3.      Berapa lama tanaman tomat hijau untuk menghasilkan buah?
Dasar Teori 
a. Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan


Pertumbuhan suatu proses pertambahan ukuran, baik volume, bobot, dan jumlah sel yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali ke asal) . Sedangkan, perkembangan adalah perubahan atau diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa. Pertumbuhan dan perkembangan memiliki arti yang sangat penting bagi makhluk hidup. Misalnya pada manusia, dengan tumbuh dan berkembang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya dan melestarikan keturunannya.




b. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan
Terdapat tiga faktor lingkungan utama yang memengaruhi produktivitas tanaman tomat, yaitu ketinggian tempat, suhu, dan kelembapan udara. Ketiga faktor tersebut mengatur sejumlah proses pertumbuhan dan perkembangan hingga terjadinya polinasi, fertilisasi, serta pembentukan buah dan biji (Moore & Janick 1983: 52). Tanaman tomat dapat tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 200-- 500 m di atas permukaan laut, tetapi biasanya tumbuh lebih baik di dataran tinggi (> 900 m dpl) (Supriati dkk.2008: 12). Relf dkk. (2004: 428) menyatakan bahwa titik kritis pada pembentukan buah tomatadalah suhu malam hari. Kisaran suhu malam hari yang optimal untuk tanaman tomat adalah 15-- 20oC. Suhu malam hari yang rendah (< 13oC) akan menurunkan produksi dan viabilitas polen, sedangkan suhu tinggi (> 32) bersamaan dengan kelembapan yang rendah disertai angin kering, dapat menghambat polinasi dan fertilisasi sehingga buah tidak dapat terbentuk. Sebaliknya kelembapan udara yang tinggi akan menyebabkan tanaman tomat banyak diserang penyakit busuk daun. Kelembapan relatif yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat adalah 80% (Relf dkk. 2004: 428).

c. Manfaat
Buah tomat kaya vitamin, mineral, dan asam organik sehingga sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia (Garg dkk. 2006: 275). Buah tomat mengandung alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid, protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Ca, Mg, P, K, Na, Fe, S, Cl), dan vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin) (Cox 2000: 3). Buah tomat dapat dikonsumsi segar misalnya untuk campuran salad atau sebagai buah-buahan pencuci mulut. Tomat untuk konsumsi segar dipilih yang berwarna kemerahan dan masak secara alami. Buah tomat juga dapat dikonsumsi setelah melalui proses pengolahan terlebih dahulu seperti jus, saus, sarden, pasta, sirup, dan puree. Sup tomat sangat baik untuk proses remediasi bagi penderita konstipasi (Kusumo & Sunarjono 1992: 28; Garg dkk. 2006: 275--276).
  
d. Penyakit

Serangan penyakit akan mengganggu metabolisme tanaman tomat, sehingga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Penyakit pada akar dan batang akan memengaruhi penyerapan air dan transportasi zat-zat makanan pada jaringan-jaringan, sehingga pertumbuhan tanaman terganggu. Penyakit pada tanaman tomat mempunyai kemampuan merusak tanaman sejak dari biji sampai masa panen sehingga mengakibatkan nilai ekonomisnya menurun (Soewito 1987: 29). Penyakit pada tanaman tomat yang umum ditemukan adalah kelayuan yang disebabkan oleh kapang Fusarium oxysporum Schlechtendahl emend. Syder & Hansen (Fusarium wilt). Penyakit tersebut menyebabkan dedaunan yang dekat dengan tanah berubah warna menjadi kuning, layu, dan akhirnya mati. Penyakit tersebut menjalar ke arah batang dan seluruh bagian tanaman, sehingga akhirnya menyebabkan kematian tanaman tomat (Damicone dkk. 2003: 2). Penyakit lain yang sering menyerang tanaman tomat adalah busuk leher akar yang disebabkan oleh Corticium rolfsii (Sacc.) Curzi dan busuk batang yang disebabkan oleh Thanatephorus cucumeris (Frank.) Donk. Kedua penyakit tersebut lebih sering menyerang tanaman tomat pada kondisi tanah yang basah (Tindall 1983: 248; William dkk. 1993: 222).

e. Klasifikasi Tanaman Tomat 
Menurut Lawrence (1951: 354, 370, 438, 676, & 693), Backer dan Backhuizen van den Brink, Jr. (1965: 476--477) serta Heywood (1974: 15) tanaman tomat diklasifikasikan sebagai berikut:

Divisio : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Class : Dicotyledoneae
Superorder : Asteridae
Order : Polemoniales
Family : Solanaceae
Genus : Lycopersicon
Species : Lycopersicon esculentum Mill. 

Tomat merupakan tanaman herba semusim yang tumbuh tegak dengan tinggi berkisar antara 0,5--2,5 m dan bercabang (Tindall 1968: 242). Tomat memiliki akar tunggang. Batang berbentuk silinder dan bercabang. Kulit batang berwarna hijau dan berambut. Warna daun hijau tua dan merupakan daun majemuk menyirip ganjil (Backer & Backhuizen van den Brink, Jr. 1965: 476--477).
 
Alat
1.      Cangkul
2.      Pengaris
3.      Alat tulis

              BAHAN
1.      Polybag
2.      Tanah
3.      Abu
4.      Air beras
5.      Pupuk NPK
6.      Air
7.      Bibit tomat hijau

           Cara kerja
1.      Rendam bibit selama 1 (±24 jam) hari
2.      Siapkan tanah, abu serta polybag
3.      Campukan tanah dengan abu dengan perbandingan 4 : 1
4.      Masukkan tanah yang telah di campurkan tadi ke dalam polybag
5.      Tebar bibit di atas polybag
6.      Siram dengan air
7.      Amati dan catat hasil percobaan hingga bibit tomat hijau menghasilkan tomat hijau
8.  Menganalisa hasil pengamatan yang dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan laporan hasil pengamatan.

Data Hasil Praktikum



 - Hari pertama  (22 september 2013)
Tanaman tomat yang dikecambahkan ini masih belum ada perubahan pertumbuhannya dihari kedua.

 - Hari kedua (23 september 2013)
Tanaman tomat yang dikecambahkan sudah tumbuh akar diujung tengah biji dengan panjang sekitar 0,2 cm

- Hari ketiga (24 september 2013)
Tanaman ini mengalami pertumbuhan pesat dimana batangnya sudah tumbuh sepanjang 2 cm dan beberapa biji ada yang berada di atas bersama daun yg panjangnya sekitar 0,2 cm dan ada juga biji tersebut jatuh kebawah.


Gambar tanaman tomat yang berumur 3 hari

  - Hari keempat (25 september 2013)
Tanaman tomat ini mengalami pertumbuhan yang dimana batangnya memiliki panjang 7 cm, bijinya banyak berjatuhan kebawah serta daunnya berwarna hijau. 

Gambar tanaman tomat yang berumur 4 hari

  - Hari kelima (26 september 2013)
Pertambahan pertumbuhan tomat semakin tinggi, dengan panjang batang 7,2 cm dan tumbuh daun yang berwarna hijau yang memiliki panjang 0,4 cm

  - Hari keenam (27 september 2013)
Pertumbuhan batang sama kayak kemarin dimana batangnya sepanjang 7,5 cm dan daunnya 0,6 cm yang berwarna hijau. 


Gambar tanaman tomat dihari keenam 

  - Hari ketujuh (28 september 2013)
Pada hari ketujuh ini tanaman tomat sudah memiliki panjang batang 8 cm, daun berwarna hiaju yang panjangnya 0,7 cm serta akar tanaman ini memiliki panjang 2 cm

Gambar tanaman tomat dihari ketujuh 

setelah memasuki usia 3 bulan tanaman tomat hijaunya tumbuh dengan sangat baik dimana akar batangnya menjalar dan subur tanaman tomat hijau ini


ini beberapa foto buah tanaman tomat selama 3 bulan
buah tanman tomat umur 3 bulan
 
buah tanaman tomat umur 3 bulan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar